BELAJAR TEPAK DUA
sebenarnya tepak dua bukan berasal dari serang atau banten, ini model tampilan kendang pencak khas pasundan, karena prosesi pengembangan perguron TTKKDH cukup baik sementara kendang pencak juga diajarkan di sana, al hasil kendang pencak tepak dua sudah familier di wilayah serang banten.
dan yang terpenting tidak salah mempelajari ini karena masih punya nusantara dan bangsa Indonesia, dan karenanya sanggar tirta bening juga turut serta mengembangkan tari ibing tepak dua dan menjadikannya sebagai salah satu bahan ajar untuk para siswa sanggar.

ya sudah mulai saja 

mengenal ketukan tepak dua

  1. interval pertama 7 ketukan 5 sesi
  2. interval kedua 2 ketukan 2 sesi
  3. interval ketiga nginclek 2 sesi
  4. interval keempat 1 ketukan 21 sei
  5. interval kelima nginclek 2 sesi
  6. interval keenam 4 ketukan 15 sesi
yang harus dipahami adalah ketukan dan sesi, kalau ketukan adalah jumlah gerakan yang harus diragakan sedang sesi adalah hitungan bunyi gong. 
contoh interval pertama 7 ketukan 5 sesi berarti pada interval ini kita harus meragakan 7 gerakan dalam satu bunyi gong dan mengulangnya selama 5 kali (jumlah bunyi going).

untuk memulainya cukup sederhana, yang kita perlukan adalah:
  1. kita bisa menguasai tujuh gerakan jurus yang berbeda dan satu sikap pasang, cukup. jadi ga usah perlu banyak-banyak jurus, terkecuali memang jurusnya punya banyak .
  2. siapkan panduan musiknya, ya tentunya tepak dua, bisa cari bentuk cd atau yang lainnya atau bisa ambil disini
segitu aja dulu.....